Minggu, 06 Juni 2010

Belajar ber Akting

1. Pelajaran pertama : Konsentrasi
Pemusatan pikiran merupakan latihan yang penting dalam akting,
konsentrasi bertujuan aagar actor dapat mengubah diri menjadi orang lain ,
yaitu peran yang dibawakan . juga berarti aktor mengalami dunia yang lain
dengan memusatkan segenap cita, rasa dan karsanya pada dunia lain itu.
Jadi tidak boleh perhatiannya goyah pada dirinya sendiri dan pada penonton.
Meskipun lakon berjalan, konsentrasi aktor tidak boleh mengendor, juga jika
saat itu tidak kebagian dialog atau gerakan .kesiapan batin untuk mengikuti
jalannya cerita sampai berakhir, memerlukan konsentrasi. Latihan
konsentrasi dapat dilakukan melalui fisik (seperti yoga), latihan intelek atau
kebudayaan(misalnya menghayati musik, puisi,seni lukis) dan latihan sukma
(melatihan kepekaan sukma menanggapi segala macam situasi).2. Pelajaran kedua : Ingatan Emosi.
The transfer of emotion merupakan cara efektif untuk menghayati
suasana emosi peran secara hidup wajar dan nyata. Jika pelaku harus
bersedih , dengan suatu kadar kesedihan tertentu dan menghadirkan emosi
yang serupa, maka kadar kesedihan itu takatannya tidak akan berlebihan,
sehingga tidak terjadi over acting. Banyak peristiwa yang menggoncangkan
emosi secara keras dan hanya aktor yang pernah mengalami goncangan
serupa dapat menampilkan emosi serupa kepada penonton dengan takaran
yang tidak berlebihan.
3. Pelajaran ketiga : Laku Dramatik
Tugas utama aktor menghidupkan atau memperagakan karakter
tokoh yang diperankannya, dan menghidupkan aspek dramatisasi melalui
ekspresi atau mimik wajah melalui dialog, dan pemanfaatan seting
pendukung (misal membanting).
Aktor harus selalu mengingat apa tema pokok dari lakon itu dan dari
perannya, untuk menuju garis dan titik sasaran yang tepat dengan begitu ia
dapat melatih berlaku dramatik
Artinya bertingkah laku dan berbicara bukan sebagai dirinya sendiri, tetapi
sebagai pemeran, untuk itu memang diperlukan penghayatan terhadap tokoh
itu secara mendalam sehingga dapat diadakan adaptasi
4. Pelajaran keempat : Pembangunan watak
Setelah menyadari perannya dan titik sasaran untuk peranannya itu
aktor harus membangun wataknya sehingga sesuai dengan tuntutan lakon.
Pembangunan watak itu didahului dengan menelaah struktur fisik, kemudian
mengidentifikasiannya dan menghidupkan watak itu seperti halnya wataknya
sendiri. Dalam proses terakhir itu diri aktor telah luluh dalam watak peran
yang dibawakannya, atau sebaliknya watak peran itu telah merasuk kedalam
diri sang aktor.5. Pelajaran Kelima : Observasi
Jika ingatan emosi, laku dramatik dan pembangunan watak sulit
dilakukan secara personal, maka perlu diadakan observasi untuk tokoh yang
sama dengan peran yang dibawakan. Untuk memerankan tokoh pengemis
dengan baik , perlu mengadakan observasi terhadap pengemis dengan ciri
fisik, psikis dan sosial yang sesuai .
6. Pelajaran Keenam : Irama
Semua kesenian membutuhkan irama, akting seorang aktor juga
harus diatur iramanya, agar titik sasaran dapat dicapai , agar alur dramatik
dapat mencapai puncak dan penyelesaian. Irama juga memberikan variasi
adegan, sehingga tidak membosankan. Irama permainan ditentukan oleh
konflik yang terjadi dalam setiap adegan.
7. Suara dan Cakapan
Suara dan cakapan adalah dua hal pokok yang harus digarap dengan
nada yang sesuai, karena keduanya sangat menentukan suksesnya
pementasan. Siswa perlu dilatih mengucapkan vocal a, I, u, e, o dengan
mulut terbuka penuh. Mungkin dalam percakapan sehari-hari ini tidak perlu;
akan tetapi di pentas, hal-hal yang sehari-hari perlu diproyeksikan karena
suara diharapkan dapat sampai pada penonton di deretan tempat duduk
paling belakang.
Ada kalanya seorang pemain mampu mengucapkan kata dengan
jelas atau “las-lasan”, tetapi toh dialog yang diucapkannya tidak merangsang
239
pengertian. Jika ini terjadi, maka persoalannya pada apa yang lazim disebut
phrasering technique atau teknik mengucapkan dialog. Kalimat atau dialog
yang panjangharus dipenggal-penggal lebih dahulu, sesuai denga satuansatuan
pikiran yang dikandungnya.
Satu hal lagi yang masih berhubungan dengan latihan vokal ialah
perlunya dipahami adanya nada ucapan. Kata “gila” dapat berarti umpatan
keras, pujian, kekaguman, jika diucapkan dengan nada yang berbeda-beda.
Ini artinya nada ucapan tidak hanya berfungsi untuk menciptakan dinamika,
tetapi juga menciptakan makna.
Pada saat pemain mengucapkan dialog, kata-kata ternyata tidak
diucapkan datar, tetapi terkandung di dalamnya lagu kalimat. Lagu kalimat
itu menyarankan pertanyaan, perintah, kekaguman, kemarahan, kebencian,
kegembiraan, dan sebagainya. Di samping itu, lagu kalimat juga
menyarankan dialek tertentu, misalnya dialek Jawa seperti terdengar dari
lagu kalimat yang diucapkan pemeran dalam drama seri Losmen; dalam film
Naga Bonar terdengar lagu kalimat yang menyarankan dialek Batak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar