Minggu, 06 Juni 2010

Proses Pembuatan Gitar Akustik

1. Tahap Awal (Pembuatan Body)
- Bahan dari kayu Cyprus dan Triplek
- Triplek dipotong panjang sesuai ukuran kemudian dihaluskan dengan menggunakan mesin. Setelah halus dimasukan ke dalam cetakan lalu dijepit dengan klem kecil kemudian dipasang klose lalu dijemur. Setelah kering kemudian dipasang krem (tulang-tulang) dengan lem lalu dijemur lagi. Setelah kering dan triplek telah terbentuk lalu dilepas dari cetqakan kemudian dipasang palang. Setelah pemasangan palang selesai kemudian dipasang triplek besar pada bagian depan dan belakang dengan menggunakan lem kayu, kemudian dijepit dengan klem besar lalu dijemur sampai kering. Setelah kering triplek bagian depan dan belakang dipotong mengikuti bentuk gitar. Proses terakhir dari tahap awal ini adalah membentuk lubang resonansi sesuai ukuran.
2. Pembuatan Neck (Stang Gitar)
- Bahan dari kayu mahoni, waru atau maple.
- Bahan dikeringkan dengan sinar matahari atau menggunakan Oven.. Kemudian kayu dibentuk sesuai bentuk Neck (Stang).
3. Penyambungan Body dan Neck
- Neck disesuaikan dengn body, setelah sesuai kemudian disatukan dengan lem dan dipaku. Setelah itu kemudian dihaluskan kemudian dipasang Kreplang (Fingerboard) dengan menggunakan lem
4. Proses Penghalusan atau Pendempulan
- Setelah body dan neck dipasang tahap yang harus dilakukan selanjutnya adalah proses penghalusan atau pendempulan gitar dengan amplas kasar, kemudian didempul lalu dijemur sampai kering. Setelah kering lalu diamplas kembali dengan amplas nomer 120 kemudian bagian neck dilubangi untuk memasang senar kemudian disending ( Tiner dan pengeras) sebanyak dua kali lalu dijemur kembali. Setelah kering kemudian diamplas kembali dengan amplas nomer 240 supaya lebih halus.
5. Pembuatan Block (Tempat Senar)
- Bahan dari kayu sono keeling yang dibentuk sesuai dengan contoh atau sesuai pesanan yang diinginkan (tidak ada patokan). Cara menempelnya dengan menggunakan lem dan disekrup. Bentuk \ model tergantung seri gitar yang akan diproduksi.
6. Finishing atau Tahap Akhir
- Pengecatan, dilapisi dengan melamine dan dikeringkan dengan oven agar tidak terkena debu, Pemasangan kawat (krep), pemasangan block, pemasangan breh atas dan breh bawah (bahannya terbuat dari plastic), pemasangan list (dari mika dengan lem castol atau dengan spidol besar), pemasangan steamer, senar, merk, kemudian dibungkus dan di Packing (Biasanya satu packing beris 6 buah gitar) Kemudian dikirim sesuai kota tujuan.

5 komentar:

  1. kurang detail mestinya diberi foto tiap tahapnya atau videonya

    BalasHapus
  2. oke2...
    thanks commentnya..
    nanti di upload

    BalasHapus
  3. nada itu ku butuh banget cara pembuatan gitar akustik serta bahan bahan nya,,,,,,,,,,,,pleas bantuannya,,,kirim ke email kit_jrock@yahoo.com

    Q tunggu ya ,,,,,,,,,,,
    TERIMA KASIH sebelumnya :)

    BalasHapus
  4. granezacoustick@yahoo.co.id
    facebook:granezproduk acoustik

    BalasHapus
  5. cara menghitung jarakfingerboard

    BalasHapus