Minggu, 06 Juni 2010

Penggolongan alat musik Tradisional

Alat musik baik itu alat musik tradisional maupun modern mempunyai beberapa golongan yang dapat dibedakan menurut sumber bunyinya, Cara memainkannya, dan fungsinya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai golongan-golongan alat musik tradisional :
1. Berdasarkan Sumber Bunyi
a. Membranophone
Membranofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari membrane atau kulit yang dibentangkan. Bunyinya berasal dari getaran yang timbul pada membran tersebut ketika dipukul. Contoh : Kendhang, Rebana, Bedug, dan lain-lain
b. Aerophone
Aerofon adalah alat musik yang sumber bunyinya adalah udara. Getaran udara akan menimbulkan bunyi, dan jika getaran udara tersebut diatur maka akan menimbulkan bunyi yang teratur pula. Contoh : Suling.
c. Chordophone
Chordophone adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari tali/dawai/senar. Dawai yang telah dibentangkan jika dipetik/dipukul maka akan menimbulkan getaran yang menghasilkan bunyi. Contoh : kecapi, siter dan rebab.
d. Ideophone
Ideophone adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran alat musik itu sendiri. Contoh : angklung, gambang, kempul, dan lain-lain.
2. Berdasarkan Cara Memainkannya
a. Alat musik petik
Adalah alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik dengan jari atau alat pemetik (pick). Contoh : kecapi, sasando dan siter.
b. Alat musik gesek
Adalah alat musik yang cara memainkannya dengan cara digesek menggunakan alat penggesek (Bow). Contoh : Rebab dan tehyan.
c. Alat musik pukul
Adalah alat musik yang cara membunyikannya dengan cara dipukul dengan tangan ataupun dengan alat pemukul. Contoh : Gong, Kenong, Kendang, Saron, dan lain-lain.
d. Alat musik tiup
Adalah alat musik yang cara membunyikannya dengan cara ditiup. Alat musik ini biasanya mempunyai lubang-lubang udara untuk mengatur nada yang akan dihasilkan. Contoh : Suling.
3. Berdasarkan Fungsinya
a. Alat Musik Ritmis
Adalah alat musik yang berfungsi sebagai pengatur dan pembentuk ritme. Pada gamelan alat musik ritmis mempunyai peranan yang sangat penting, seperti seorang Conductor pada suatu orkestra. Contoh : Kendang.
b. Alat Musik Melodis
Adalah alat musik yang mempunyai banyak nada yang fungsinya untuk memainkan melodi utama dalam musik tradisi. Contoh : Saron, Gender, Rebab, dan lain-lain.
c. Alat Musik harmonis
Adalah alat musik yang mempunyai banyak nada seperti alat musik melodis, akan tetapi peranannya disini adalah sebagai pembawa harmoni atau akor dan sebagai pengiring melodi utama sehingga alat musik harmonis tidak memainkan melodi utama.Contoh : Bonang, siter, kecapi, dan lain-lain.

6 komentar:

  1. pls dunks cantumin not balok untuk maen alat musik siter..lagu2 campur sari ..tq

    BalasHapus
  2. tambahin dong contohnya biar gampang buat tugas ..

    BalasHapus
  3. TMbhn nhh bnyk tgas :(

    BalasHapus
  4. tmbh lgi dong....
    tgs bnyk ni.

    BalasHapus
  5. tmbh lgi contoh alat musiknya dong

    BalasHapus